July

13

Kiat-kiat diet sehat

Banyak orang berpikiran bahwa dia tidak akan pernah bisa diet sehat dengan cara apapun. Ada yang berdalih karena keturunan, karena tulang yang besar, tidak bisa disiplin dalam pola makan atau yang tidak mau ikut program diet karena takut mengkonsumsi obat, yang berakibat tidak baik di kemudian hari. Sementara itu berat badan mereka tidak turun, tetapi terus naik, jauh dari ideal.

Sebagian yang lain pernah diet dengan cara yang menurut mereka sehat dan ampuh, diantaranya dengan tidak makan nasi, rutin berolahraga, menghitung kalori yang masuk dalam tubuh, menggunakan pil diet, atau pernah mencoba semua, dengan hasil akhir GAGAL, kenapa? karena cara-cara tersebut sangat sulit dikerjakan sebagian besar orang, selain itu ketika tidak melaksanakan cara tersebut, berat badan kembali naik melebihi saat mulai program diet.

Tips cara diet yg sehat

ni eve jg dpt dr milis yahoo, buat yg mo diet nih

1. Hindari pemikiran semua atau tidak sama sekali. Berpuasa bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Makanlah secukupnya dan atur asupan kalori secara bijaksana

2. Hindari memakan cemilan dari toples, anda akan tidak sadar berapa banyak yang telah masuk ke dalam mulut Anda. Taruhlah didalam piring atau cukup ambil segenggam.

3. Jika Anda termasuk orang yang menyukai roti, pilihlah yang wholegrain.

4. Hindari makanan yang mengandung lemak lebih dari 10 persen. Baca label informasi nutrisi di dalam kardus makanan.

5. Catatlah makanan yang telah Anda santap selama 2 minggu. Percayalah Anda akan terkejut!

6. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh. Hindari atau ganti dengan yang rendah lemak.

7. Bawalah botol air minum kemanapun Anda pergi. Dengan begitu Anda tidak akan terdehidrasi dan juga lebih sedikit kemungkinan untuk memilih minuman yang bersoda ataupun terlalu banyak gula.

8. Cobalah detoxification, untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda

9. Snack baik bagi Anda untuk mencegah makan siang atau malam yang berlebihan.

10. Carilah teman atau partner untuk berdiet bersama. Cara ini akan membuat Anda berdua bisa saling memotivasi.

11. Minumlah banyak air mineral.

12. Sayuran rendah di kalori akan tetapi jangan dimasak terlalu lama karena kandungan gizi dapat berubah.

13. Jika Anda terbiasa makan besar pada akhir pekan, usahakan snack yang rendah lemak dan kalori

14. Selalu pilihlah porsi terkecil dari menu restoran yang ada

15. Belilah sebuah juicer dan mulailah buat kreasi jus Anda sendiri. Jangan lupa untuk mencoba jus sayuran. Kaya vitamin dan lebih sedikit fruktosa.

16. Jangan berpikir bahwa salad selalu aman dikonsumsi. Mereka biasanya juga dikombinasikan dengan mayonnaise dan keju.

17. Sikatlah gigi Anda jika keinginan ngemil muncul. Rasa akanan menjadi buruk setelah Anda menyikat gigi.

18. Ingin menyantap coklat? Pilihlah low fat coklat!

19. Pilihlah makanan yang direbus, berkuah, di tim, atau dibakar sebelum Anda memilih yang digoreng.

20. Pilihlah seledri sebagai teman diet yang setia mulai sekarang.

21. Gunakanlah sumpit untuk memperlambat makan Anda.

22. Hindari mengemil disaat Anda bosan, gantikanlah dengan hal-hal yang ingin Anda lakukan tapi tidak sempat!

23. Jangan berpikir bahwa Anda akan mulai berdiet setelah melalui masa stress. Percayalah masa ini akan selalu ada! Sebaliknya persiapkan diri Anda untuk menghadapi masa-masa ini dan tetap fokus kepada diet Anda.

24. Jam 3 adalah waktu snack favorit. Pilihan terbaik untuk meningkatkan energi meliputi pisang, kacang, dan low fat yoghurt.

25. Cobalah untuk lebih memilih kualitas daripada kuantitas. Tambahkan cabai atau rempah-rempah pedas untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

26. Tambahkan es kedalam minuman Anda. Karena tubuh Anda membutuhkan energi untuk menyesuaikan minuman tersebut dengan suhu tubuh. Yang pada akhirnya akan membakar lemak Anda!

27. Siapkan semua makanan Anda sendiri daripada makanan siap saji. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol asupan gula dan kalori yang dipakai.

28. Untuk mengalahkan rasa lapar ketika memasak, mulailah dengan menyantap sepiring besar salad!

29. Ketika membaca artikel tentang diet yang cocok dengan Anda. Gunting dan tempelkanlah dikulkas Anda!

30. Dapatkan tidur yang cukup! Kelelahan berkepanjangan akan menyebabkan Anda meraih makanan yang tinggi kalori.

31. Susu kedelai merupakan alternatif yang lebih baik untuk mengkonsumsi susu rendah lemak!

32. Kurangi garam Anda!

33. Taruhlah foto di kulkas untuk memotivasi Anda!

34. Go Green! Pilihlah sayuran hijau ataupun teh hijau yang akan memberi kontribusi pada kesehatan Anda!

35. Pilihlah yang diet jika Anda terpaksa minum soda.

36. Untuk pembakaran lemak secara maksimal maka Anda diharuskan untuk mengkonsumi kacang-kacangan!

Filled Under: kesehatan

July

13

Batik Solo

Batik Solo

Solo Sebuah kota di Jawa tengah yang masih lekat sekali dengan budaya Jawa. Dengan slogan SOLO the Spirit of Java.Solo bertekad terus menjaga dan melestarikan budaya jawa.


Kota Solo memang merupakan salah satu tempat wisata belanja kain batik terkenal di Indonesia. Di sini banyak sekali terdapat sentra kain batik, yang tersohor antara lain kawasan Kampung Batik Laweyan dan kawasan Kampung Wisata Batik Kauman.Batik adalah salah satu produk kota dan telah menjadi Icon kota solo.khas batik solo sudah di kenal di seluruh Indonesia dan menjadi produk andalan export.

Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya batik dalam proses cap maupun dalam batik tulisnya. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih tetap banyak memakai bahan-bahan dalam negeri seperti soga Jawa yang sudah terkenal sejak dari dahulu. Polanya tetap antara lain terkenal dengan “Sidomukti” dan “Sidoluruh”.


Batik Solo – Dari kerjaan-kerajaan di Solo dan Yogyakarta sekitamya abad 17,18 dan 19, batik kemudian berkembang luas, khususnya di wilayah Pulau Jawa. Awalnya batik hanya sekadar hobi dari para keluarga raja di dalam berhias lewat pakaian. Namun perkembangan selanjutnya, oleh masyarakat batik dikembangkan menjadi komoditi perdagangan.
Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya, yakni batik dalam proses cap maupun dalam batik tulisnya. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih tetap banyak memakai bahan-bahan dalam negeri seperti soga Jawa yang sudah terkenal sejak dari dahulu. Polanya tetap antara lain terkenal dengan “Sidomukti” dan “Sidoluruh”.

Sedangkan Asal-usul pembatikan didaerah Yogyakarta dikenal semenjak kerajaan Mataram ke-I dengan rajanya Panembahan Senopati. Daerah pembatikan pertama ialah didesa Plered. Pembatikan pada masa itu terbatas dalam lingkungan keluarga kraton yang dikerjakan oleh wanita-wanita pembantu ratu. Dari sini pembatikan meluas pada trap pertama pada keluarga kraton lainnya yaitu istri dari abdi dalem dan tentara-tentara. Pada upacara resmi kerajaan keluarga kraton baik pria maupun wanita memakai pakaian dengan kombonasi batik dan lurik. Oleh karena kerajaan ini mendapat kunjungan dari rakyat dan rakyat tertarik pada pakaian-pakaian yang dipakai oleh keluarga kraton dan ditiru oleh rakyat dan akhirnya meluaslah pembatikan keluar dari tembok kraton.

Akibat dari peperangan waktu zaman dahulu baik antara keluarga raja-raja maupun antara penjajahan Belanda dahulu, maka banyak keluarga-keluarga raja yang mengungsi dan menetap didaerah-daerah baru antara lain ke Banyumas, Pekalongan, dan kedaerah Timur Ponorogo, Tulungagung dan sebagainy a. Meluasny a daerah pembatikan ini sampai kedaerah-daerah itu menurut perkembangan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dimulai abad ke-18. Keluarga-keluarga kraton yang mengungsi inilah yang mengembangkan pembatikan seluruh pelosok pulau Jawa yang ada sekarang dan berkembang menurut alam dan daerah baru itu.

Perang Pangeran Diponegoro melawan Belanda, mendesak sang pangeran dan keluarganya serta para pengikutnya harus meninggalkan daerah kerajaan. Mereka kemudian tersebar ke arah Timur dan Barat. Kemudian di daerah-daerah baru itu para keluarga dan pengikut pangeran Diponegoro mengembangkan batik.

Ke Timur batik Solo dan Yogyakarta menyempurnakan corak batik yang telah ada di Mojokerto serta Tulung Agung. Selain itu juga menyebar ke Gresik, Surabaya dan Madura. Sedang ke arah Barat batik berkem-bang di Banyumas, Pekalongan, Tegal, Cirebon.

Filled Under: kebudayaan

July

13

cara mengatasi ketombe

Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit.

Namun demikian, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi.

Gejala dan Tanda

1. Kulit mati berbentuk serpihan yang tampak putih dan berminyak yang mengotori rambut dan bahu.
2. Kulit kepala yang bersisik.
3. Rasa gatal pada kulit kepala.

Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel terluar kulit kepala akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira 2 minggu sekali. Sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung 1 bulan sekali.
Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Penyebab Ketombe
1. Kulit terlalu kering.Keringnya kulit kepala dapat menyebabkan kulit mengelupas dan membentuk serpihan-serpihan kulit.

2. Kulit terlalu berminyak.
Minyak yang berlebihan pada rambut dapat menjadi sumber makanan jamur yang berkembang di kulit kepala, di mana jamur akan merangsang pengelupasan kulit kepala berlebihan dan menyebabkan ketombe.
3. Terlalu sering atau terlalu jarang keramas.
4. Stres.
5. Penggunaan kosmetik rambut yang berlebihan atau tidak cocok.

6. Konsumsi makanan berlemak secara berlebihan.
7. Malassezia (jamur yang dapat menyebabkan seborrheic dermatitis yaitu radang pada kulit).
8. Psoriasis (akumulasi sel kulit mati yang membentu sisik perak yang tebal).
9. Craddle cap (seborrheic dermatitis pada kulit kepala bayi).
10. Dermatitis (radang kulit) akibat sensitivitas terhadap produk perawatan rambut tertentu atau pewarna rambut.

TIPS MENGATASI KETOMBE
Untuk mengatasi ketombe, ikuti tips di bawah ini:

  • Hindari menggaruk kulit kepala agar tidak lecet yang dapat berakibat timbulnya infeksi sekunder.
  • Pakai shampo anti ketombe secara teratur, terutama yang mengandung Zinc Pyrithione (ZPT). Shampo anti ketombe jenis ini mempunyai efek anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat mengurangi timbulnya serpihan kulit dan meredakan rasa gatal.
  • Gunakan shampo anti ketombe setiap hari secara teratur.
  • Pilih shampo anti ketombe ringan untuk menghindari efek samping.
  • Lakukan penggantian shampo anti ketombe untuk menghindari resistensi.
  • Hindari stres. Kendati bukan sebagai penyebab langsung, stres dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh untuk mengatasi ketombe.
  • Hindari pemakaian minyak rambut, gel atau hair spray secara berlebihan karena dapat memicu pertumbuhan jamur kulit.
  • Membatasi makanan dan minuman yang dapat memicu pertumbuhan jamur kulit, misalnya: minuman beralkohol.
  • Jaga kesehatan rambut dan kulit dengan makanan kaya kandungan vitamin B, misalnya: kuning telor, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran berwarna hijau tua.
  • Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang megandung zinc untuk memelihara aktifitas kelenjar minyak dan sistem kekebalan, misalnya: ikan, kuning telor, daging, kedelai dan biji-bijian (beras, gandum, dll)
  • Sempatkan berjemur sinar matahari sejenak di waktu pagi dan sore hari, agar kesehatan rambut dan kulit tetap terjaga.
  • Konsultasikan ke dokter ahli kulit jika shampo anti ketombe menimbulkan efek samping misalnya kulit mengelupas atau efek samping lainnya

Ada beragam cara untuk mengatasi ketombe, mulai dari yang menggunakan bahan-bahan kimia hingga yang mengunakan bahan-bahan alami. Penggunaan bahan-bahan alami dapat lebih mudah kita buat tentunya, karena bahan-bahan yang digunakan mudah kita dapatkan. Berikut beberapa cara mengatasi ketombe:

  • Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Siapkan 2 buah jeruk nipis, belah dua masing-masing jeruk. Kemudian gosokkan jeruk nipis tersebut kesemua permukaan kulit kapala anda secara merata sambil dipijat-pijat. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, setelah itu bilas rambut anda hingga benar-benar bersih. Jika anda melakukannya secara rutin seminggu sekali, niscaya ketombe tidak akan betah di kulit kepala anda :-)

  • Dengan Menggunakan Buah Mengkudu

Haluskan 3 buah mengkudu dengan sedikit air, kemudian ambil sarinya dengan cara memeras adonan tersebut. Setelah itu gunakan sarinya untuk keramas, diamkan lebih kurang 10 menit. Cuci rambut anda menggunakan shampo dan bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Bebaskan kilit kepala anda dari ketombe dengan melakukan perwatan ini secara rutin seminngu sekali

Filled Under: kesehatan

July

13

Cara Mengatasi Patah hati

Kamu baru aja putus sama pacar dan badan rasanya lunglai,
sama halnya dengan hati kamu yang hancur berkeping-keping.
Sambil berusaha meyakinkan diri kamu bahwa masih banyak
someone else yang lebih baik di dunia ini,
percepatlah proses penyembuhan luka hati itu dengan saran-saran membangun ini

MENANGISLAH! Angkat tinju tinggi-tinggi dan sesali diri: “Why me?!”.
Jatuhkan diri ke lantai dan pukullah lantai dengan penuh perasaan:
“Masa sih akhirnya hanya begini saja?”. Kalau perlu, kamu boleh
mengamuk: “Bajingan kamu sayang!”, dan sambunglah dengan cucuran
air mata sambil menangisi kejamnya perbuatan umat manusia. Kalau kamu
nggak terbiasa nangis, sewa film English Patient biar air mata mengalir deras.

BIARKAN KESEDIHAN MELANDA.
Kamu boleh berduka cita.
Ini lebih baik daripada memendam perasaan. Hanya saja, cobalah untuk
tetap bersikap anggun. Nggak perlu keliatan murung di hadapan orang-orang.
Berakting sedih seperti pemain sinetron tidak ada pengaruhnya bagi orang lain.

CERITAKAN KESEDIHAN KAMU pada teman dekat atau keluarga.
Kalau kamu bilang nggak ada seorang pun yang memahami situasinya,
kamu salah besar. Kita semua pernah mengalami trauma putus cinta,
jadi kita semua mengerti dan ingin melupakannya. Tapi jangan muntahkan
perasaanmu pada semua orang yang kamu temui. Asal tahu saja,
banyak orang sering tidak peduli dengan perasaan orang lain.

JANGAN KHAWATIR jika mantan kamu bertingkah seolah-olah
dengan mudah dapat mengangkat 10 ton beban dari pundaknya.
Pria membutuhkan waktu lebih lama untuk mengakui dengan terus terang
mengenai perasaannya. Asal tau aja, pria pun ngerasa sakit kok kalo
baru patah hati. Cepat atau lambat dia akan memperlihatkannya juga.
Untuk sementara, kamu boleh ngerasa senang.

JAUHKAN DIRI KAMU DARINYA kalau itu bisa membuatmu merasa lega.
Asal aja kamu ingat-ingat lagi sulitnya untuk berlagak cuek pada saat kamu lagi butuh.

IKUTLAH LATIHAN KEBUGARAN. Aliran endorfin akan menaikkan
semangat kamu dan siapa tahu kecengan cakep yang tersenyum lagi aerobik
itu akan melambungkan hati kamu.

MULAILAH UNTUK MEMBACA BUKU. Susahnya kalau kehilangan kekasih
adalah hilangnya seseorang untuk dirangkul. Membaca buku bermutu
sebelum tidur, ternyata merupakan cara lebih ampuh.

NIKMATI BENDA-BENDA yang dibenci dia semasa kamu masih bersamanya.
Bakarlah minyak aromaterapi dengan bau yang keras, masaklah makanan
vegetarian, atau pakailah pakaian model apapun yang kamu suka tanpa takut dikritik.

POTONGLAH RAMBUT KAMU. Secara simbolis memotong rambut berarti
mengangkat beban dari pundak atau memulai sesuatu yang baru.

GANTI PARFUM KAMU. Kamu nggak memerlukan lagi bau-bauan yang biasanya
mengingatkan kembali pada hari-hari yang indah bersamanya.

HABISKAN WAKTU BERSAMA TEMAN-TAMAN. Nikmatilah bergaul seperti
masa-masa ABG dulu. Believe it, kamu bakal ngerasa lebih tenang setelah mendengar
cerita sedih yang juga dialami teman-teman.

BERSIKAPLAH ASEKSUAL dan hindari lawan jenis untuk sementara waktu.
Cara ini akan melancarkan jalan kamu menuju ketenangan emosi.
Tapi kalau kamu nggak bisa melupakan keinginan untuk bermesraan dengan
sang mantan, anggap saja itu hal yang biasa. Putus cinta sudah pasti membuat
orang lebih rindu. Kalau akhirnya kamu bisa bertemu lagi, bukan pertanda anda
kembali menjalin hubungan yang sudah gagal itu.

BERPIKIRLAH SECARA MATANG. Yakinkan diri kamu kalau kejadian itu
memang harus terjadi. Percaya pada kemampuan diri sendiri, itulah cara untuk
menyembuhkan perasaan. Luapan kegembiraan tidak harus selalu berakhir di pelaminan.
Putus cinta memang menyakitkan, tetapi tidak separah perceraian.

BUATLAH DUA DAFTAR BERBEDA. Pada satu daftar, catatlah apa yang bikin
kamu nggak bahagia dalam hubungan kalian. Kemudian, pada daftar satunya lagi, tuliskan
apa yang kamu harapkan dari sebuah hubungan. Pakailah kedua daftar itu untuk membantu
menghilangkan pola pikir negatif anda, yaitu adanya perasaan ditolak oleh si dia.

DENGARKAN jika teman-teman baik membeberkan kekurangan-kekurangan mantan
kamu dan membantu kamu untuk memandang dia lebih realistis. Tetapi jangan teruskan
pembicaraan yang bersifat ‘penuh kebencian’.

GANTILAH barang-barang di tempat tinggal kamu yang mengingatkan kamu padanya.
Kalau tinggal berdekatan pindahlah sementara waktu kalau perlu. Singkirkan foto-fotonya.
Berhenti mendengarkan lagu-lagu yang pernah kalian senangi. Ciptakan suasana baru
dengan membeli CD baru yang nggak ada hubungannya dengan kenangan masa lalu.

GUNAKAN SEMUA KEKUATAN KAMU untuk mempertahankan keputusanmu.
Hati kamu mungkin hancur lebur, tapi akhirnya apa yang tampak seperti kekuatan
dari luar akan menjadi jalan keluar untuk penyembuhan di dalam diri kamu.

MANJAKAN DIRI KAMU. Kamu dipaksa berhenti untuk mikirin orang lain.
So, kumpulin aja seluruh tenaga itu untuk diri sendiri.

LAWAN RASA TAKUT. Putus secara mendadak seperti dipaksa mengubah kebiasaan
dengan tiba-tiba. Biar nggak takut menghadapinya, sadari aja kamu mendapat pengalaman
baru akibat perubahan itu, yaitu pematangan emosi yang ternyata bisa menguatkan watak.

Filled Under: Tips

July

13

SrAgEnKu YaNg AsRi

Sragen adalah kota kecil di Barat Jawa Tengah, tepatnya perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Sragen juga sebagai penghubung Semarang, Yogyakarta dan Surakarta, menuju Surabaya dan wilayah Jawa Timur yang menggunakan jalur tengah. Begitu juga sebaliknya.

Berdasar data Biro Pusat Statistik (BPS), Sragen yang terletak di 11.045’ – 11.110’ BT, 715’ – 730’ LS ini memiliki luas wilayah 94.155 meter persegi dengan jumlah penduduk 858.226 jiwa. Sragen memiliki 20 kecamatan, yang melingkupi 219 desa. Wilayah Sragen sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Grobokan, kemudian Kabupaten Karanganyar di Selatan, Kabupaten Boyolali di Barat, serta Kabupaten Ngawi di sebelah Timur. Karena Sragen juga dilewati aliran sungai Bengawan Solo, maka Sragen terbelah menjadi dua wilayah, yaitu Sragen Utara Bengawan dan Sragen Selatan Bengawan. Dari 20 kecamatan tersebut, wilayah Sragen Selatan Bengawan memiliki 9 kecamatan untuk dan 11 kecamatan untuk Sragen Utara Bengawan.

Kehidupan masyarakat di kedua wilayah ini sangat berbeda, mulai dari pendapatan, pendidikan, rumah, kesuburan tanah, dan lain-lain. Daerah Sragen Selatan Bengawan relatif subur dan banyak ditanami padi, palawija, buah-buahan, dan sebagainya. Pendidikan masyarakatnya rata-rata sudah jauh lebih maju, perumahannya pun relatif sudah sesuai dengan standar kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. Infrastrukurnya jauh lebih baik dan sangat mendukung untuk kegiatan perekonomian dan bisnis.

Sedangkan wilayah Sragen Utara Bengawan sangat bertolak belakang. Yang bisa dilihat adalah banyaknya rumah masyarakat yang tidak layak huni. Contohnya, rumah berdinding anyamam bambu, berlantai tanah, sirkulasi udara tidak bagus, dan bila hujan atap tetap bocor meski sudah menggunakan genting. Dari sisi standar kesehatan hunian, sangat jauh dari yang ditentukan oleh pemerintah.

Misalnya, rumah di salah satu desa di Kecamatan Gemolong, dimana hewan (ternak) ditempatkan di ruangan yang sama dalam rumah. Kondisi dapur pun tidak sesuai dengan syarat kesehatan. Salah satu faktor penyebab kemiskinan di sini adalah tingkat pendidikan penduduk Utara Bengawan sangat rendah, sehingga untuk mendukung mereka mencari pekerjaan yang jauh lebih baik, sangatlah sulit. Akhirnya, mereka bekerja seadanya dengan penghasilan yang yang jauh di bawah standar UMR.

Selama pendidikan masih tidak dianggap penting, maka selama itu pula sebuah daerah tidak akan maju, baik dari sisi ekonomi, status sosial, budaya maupun politik.

Dengan tingkat pendidikan yang masih jauh, dapatkah Sragen pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, bersaing dengan negara-negara maju yang menganggap pendidikan merupakan nomer satu. Apalagi, permasalahan korupsi di dunia pendidikan di negeri ini sangat tinggi. Dalam amanat Undang-undang diharapkan, anggaran pendidikan adalah 20% dari APBN, yang dilihat dari segi nominal sangat besar dibandingkan dengan departemen-departemen lain, meskipun pada tahun ini baru sekitar 11,5% dari APBN. Akan sampaikah 20% anggaran pendidikan itu kepada masyarakat, ataukah akan berhenti di tengah jalan?

Kembali ke Sragen. Dari sisi kondisi tanah, utara Bengawan kurang subur, karena struktur tanahnya adalah tanah putih/tanah kapur yang kurang cocok untuk ditanami tanaman bahan makanan (padi). Tanah seperti ini hanya cocok untuk tanaman keras seperti jati, melinjo, mangga, atau jagung. Sementara itu, tahun ‘90-an, hutan jati di wilayah utara Bengawan sudah mulai habis. Bisa dikatakan, habis akibat kayu-kayu jati tersebut dicuri (illegal logging), sehingga diganti dengan tanaman tebu sekarang ini.

Pengelolaan hutan oleh Perhutani bersama masyarakat pun saat ini sudah tidak berbekas lagi. Padahal, hutan gundul dapat menyebabkan tanah menjadi labil, serta dapat mengakibatkan longsor. Apalagi struktur tanah wilayah ini (tanah putih/kapur) rawan longsor, mengingat wilayah ini termasuk daerah pegunungan Kendeng.

Kondisi perkebunan tebu pun sangat memprihatinkan di wilayah Kecamatan Gesi, Kecamatan Mondokan, Kecamatan Sukodono, Kecamatana Tangen, dan Kecamatan Jenar. Terutama di musim kemarau, karena untuk mendapatkan air sangat sulit meski pemerintah kota sudah mengirim bantuan melalui truk-truk tangki. Tetapi, untuk selanjutnya, apakah truk-truk tangki itu mampu menyuplai sekian banyak penduduk yang hidup di utara Bengawan? Musim kemarau pasti datang setiap tahun, sedangkan masyarakat mengkonsumsi air setiap hari.

Pada dasarnya, kebutuhan air sudah termasuk sebagai kebutuhan pokok dalam masyarakat, di luar kebutuhan makanan. Bahkan, pada titik tertentu, orang akan berebut “Emas Biru” (air). Saat itulah nilai air akan lebih mahal daripada nilai emas sebenarnya. Saat ini pun kita dapat melihat kota-kota besar, dimana banyak air yang sudah tercemar bahan-bahan logam berat. Meski demikian, pemkot telah membuat terobosan, yakni membangun tempat penampungan air lewat APBD. Dan, untuk menampung serta memenuhi kebutuhan akan air, masyarakat pun membuat sumur di persawahan.

Dari segi infrastruktur, jalan penghubung antarkecamatan se-Kabupaten Sragen sudah menggunakan aspal hotmix. Aliran listrik pun sudah masuk sampai ke pelosok desa se-Kabupaten Sragen. Ini tidak lepas dari program mengembangkan Sragen, agar tidak ketinggalan daerah lain yang dicanangkan H. Untung Wiyono, yang menjabat sebagai Bupati Sragen sejak lima tahun lalu. Tetapi, akankah pemkot mampu menangani masalah yang dihadapi, terutama masyarakat utara Bengawan, dengan keterbatasan dana dan sumber daya manusia yang dimiliki pemkot.

Untuk itu, dengan adanya program dari Bank Dunia melalui P2KP, penulis mencoba membantu masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan di wilayah Sragen pada khususnya, serta Indonesia umumnya, agar kemiskinan ini tidak menjadi bom waktu yang suatu saat akan menghancurkan Indonesia. Serta, melalui konsep memberdayakan masyarakat dan pelaku pembangunan lokal lainnya, termasuk pemda dan kelompok peduli setempat, sehingga dapat terbangun “gerakan kemandirian penanggulangan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan,” yang bertumpu pada nilai-nilai luhur dan prinsip-prinsip universal (Buku Pedoman Umum P2KP-3, Edisi Oktober 2005). Penulis berharap agar P2KP selalu berjalan sesuai dengan misi, visi, serta tujuan, agar angka kemiskinan dapat ditekan atau bahkan dihapuskan.

http://komunitassragen.multiply.com/journal/item/14/Sekilas_Tentang_Sragenku

Emping Garut sebagai salah satu makanan khas kota Sragen

emping garut sedang dijemuremping garut sedang dijemur

Sragen (Kabar10.com) ,  Kota Sragen memang terkenal dengan aneka panganan atau jajanan khas,  kreatifitas warganya dalam membuat panganan  patut diacungi jempol disamping bermanfaat bagi kesehatan panganan yang dibuat juga sangat membantu dalam perekonomian warga. Salah satu panganan yang cukup tekenal yaitu emping garut yang dibuat dari tanaman garut mempunyai banyak nilai manfaatnya. Keunggulan tanaman garut adalah mampu tumbuh maksimal dibawah naungan dengan intensitas cahaya minimal, tumbuh pada tanah miskin hara dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Tanaman garut yang diambil hasilnya adalah rimpang/umbi yang dapat langsung dikonsumsi atau diolah menjadi tepung dan emping garut.   Emping garut yang memang belum banyak dijumpai di pasaran ini, merupakan salah satu alternatif makanan yang dapat dinikmati siapa saja, termasuk bagi orang yang menderita penyakit tertentu. Selain non kolesterol, emping garut ini bahkan dipercaya bermanfaat bagi penderita diabetes atau penyakit kencing manis. Pasalnya selain sebagai sumber karbohidrat, di dalam umbi garut ini, juga terdapat kandungan indeks glisemik yang rendah.

Pembuat panganan  yang cukup dikenal sebagai home industri di daerah Kecamatan Gesi Sragen   yang mempunyai label  “Emping Garut Super” di produksi Sumber Rejeki  dengan pemiliknya Ny. Henry Sukarno ini mulai dirintis pada tahun 1988, Semula, ia hanya memproduksi dalam jumlah kecil dan berskala produk rumah tangga. Sedikit demi sedikit, produknya mulai dikenal masyarakat dan usaha nya sekarang telah turut melibatkan peran masyarakat sekitar untuk membantu dalam proses produksi. “Tujuan saya adalah untuk memajukan perekonomian rumah tangga rakyat di sekitar sini yang memang masih relative rendah”, ujar pemilik home industry ini.

Usaha ini dapat dikatakan sebagai usaha sambilan bagi pemilik dan juga karyawannya, Mengingat tanaman garut merupakan tanaman musiman yang tidak setiap saat bisa dipanen, sehingga bahan baku umbi juga tidak tersedia setiap saat, maka sebagian besar produksi umbi garut di Kabupaten Sragen diolah menjadi emping, agar mampu disimpan dalam waktu lama. Dan memang benar, saat kunjungan, griya emping garut super ini minim aktivitas. Halaman yang biasanya dipenuhi ribuan lembar emping untuk dijemur hari ini hanya 3 buah rak yang dijajar, dan etalase yang biasanya penuh dengan bungkusan-bungkusan emping nampak kosong pada musim-musim berair seperti ini. Pemasaran produk unggulan desa Blangu, Gesi ini mencakup wilayah sekitar bahkan sampai ke luar daerah Sragen.

wisasata kota sragen

Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan raksasa seluas 6.576 hektar yang areanya mencakup sebagian wilayah di tiga Kabupaten, yaitu; Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Waduk yang membendung lima sungai itu terdiri dari wilayah perairan seluas 2.830 hektar dan 3.746 hektar lahan yang tidak tergenang air.
Lokasi obyek wisata Waduk Kedung Ombo yang menjadi andalan Sragen terletak di Kecamatan Sumberlawang, sekitar 30 km dari pusat kota. Selain disuguhi pemandangan nan indah, para pengunjung Waduk Kedung Ombo bisa menikmati wisata air, menumpang perahu motor bertualang mengunjungi pulau-pulau yang bermunculan di tengah waduk. Anda penyuka ikan bakar atau hobi mengail ikan? Jangan khawatir, di Waduk Kedung Ombo juga tersedia tempat pemancingan sekaligus warung yang menjajakan aneka makanan olahan berbahan ikan. Begitu turun dari kendaraan di area parkir, aroma wangi ikan yang dibakar atau digoreng langsung menyergap, mengundang selera makan.

Di kawasan Waduk Kedung Ombo, tepatnya di desa Ngargotirto, telah dibangun arena pacuan kuda dengan lintasan sepanjang 600 meter. Arena pacuan kuda yang diberi nama Nyi Ageng Serang itu merupakan miniatur dari lapangan pacuan kuda Pulo Mas Jakarta. Pada bulan Desember 2006 silam di lokasi tersebut dilangsungkan kejuaraan pacuan kuda tingkat nasional memperebutkan piala Gubernur Jawa Tengah.

Filled Under: profil kota

July

13

Brownies cake

BROWNIES KEJU

Bahan I:
150 gr margarin
150 gr brown sugar
3 butir telur
160 gr dark cooking chocolate, tim
125 gr terigu
20 gr bordeaux chocolate powder
1/4 sdt baking powder
40 gr keju cheddar, parut

Bahan II:
180 gr cream cheese
135 gr margarin
1 butir telur
1 kuning telur
30 gr keju cheddar, parut
50 gr terigu

Cara untuk bahan I:
1. Kocok margarin dan brown sugar hingga lembut. masukkan telur satu
per
satu sambil terus dikocok.
2. Masukan DCC, aduk rata.
3. Masukan terigu, coklat bubuk, baking powder yang sudah diayak jadi
satu.
Aduk rata.
4. Masukan keju parut, aduk.
5. Tuang ke loyang, ratakan.

Cara untuk bahan II:
1. Kocok cream cheese dan margarin hingga lembut.
2. Masukan telur sambil terus dikocok.
3. Masukan terigu, aduk.
4. Masukan keju parut, aduk.
5. Tuang adonan II ke atas adonan I, ratakan.
6. Panggang +/- 45 menit.

Brownies sragen


Bahan-Bahan :

175 gram dark cooking chocolate, dipotong-potong
100 gram margarin
3 butir telur
250 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
200 gram tepung terigu
20 gram cokelat bubuk
1/4 sendok teh baking powder

Cara Mengolah :

1. Tim dark cooking chocolate dan margarin, sisihkan.
2. Kocok telur dan gula hingga kental.
3. Masukkan tepung terigu, cokelat, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang brownies 11 x 22 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
5. Oven selama 1 jam dengan suhu 160 derajat Celsius.

Kue Brownies Panggang

resep__1_.jpg

Kue brownies awal terciptanya dari cake bantat dan gosong. Karena kesalahan resep dan metode memasak ini justru malah disuka. Kini brownies mengalami perkembangan, baik dari komposisi bahan maupun metode pembuatan. Selain brownis panggang, banyak juga dibuat brownies kukus. Teksturnya kue yang padat dan citarasa yang legit menjadi ciri khas brownies. Berikut resep brownies yang sudah lolos dapur uji dan pasti jadi.

Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo

Bahan:

120 g tepung terigu

200 g margarin

3 butir telur, kocok hingga mengembang

200 g dark cooking chocolate, potong-potong

150 g gula pasir halus/gula bubuk

60 g potongan kacang almond/kenari

¼ sdt garam halus

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu dengan gula halus, aduk rata. sisihkan.

2. Panaskan margarine hingga meleleh. Masukkan potongan cokelat, dan garam, aduk hingga cokelat meleleh. Angkat, dinginkan hingga hangat.

2. Di tempat terpisah, kocok telur menggunakan mixer hingga mengembang. Masukkan campuran tepung terigu dan gula halus ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga rata.

3. Tuang margarin, cokelat dan gula yang telah dilelehkan ke dalam adonan telur. aduk rata. Tambahkan potongan kacang almond/kenari. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialas dengan kertas roti dan diolesi margarin, ratakan. Taburi atasnya dengan irisan kacang almond.

4. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 45 menit atau hingga kue matang. Angkat. Potong-potong. atur di dalam piring saji, hidangkan.

Untuk 12 potong

Filled Under: Resep cake

July

13

aksara jawaku,nafas budayaku

Aksara jawa merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang memiliki unsur estetika dan penuh filosofi. aksara jawa dewasa ini telah dilupakan oleh sebagian besar masyarakat jawa, banyak orang jawa yang tidak dapat menulis aksara jawa.

Aksara Jawa modern adalah modifikasi dari aksara kawi dan merupakan abugida. Hal ini bisa dilihat dengan struktur masing-masing huruf yang paling tidak mewakili dua buah huruf (aksara) dalam huruf latin. Sebagai contoh aksara Ha yang mewakili dua huruf yakni H dan A, dan merupakan satu suku kata yang utuh bila dibandingkan dengan kata “hari”. Aksara Na yang mewakili dua huruf, yakni N dan A, dan merupakan satu suku kata yang utuh bila dibandingkan dengan kata “nabi”. Dengan demikian, terdapat penyingkatan cacah huruf dalam suatu penulisan kata apabila dibandingkan dengan penulisan aksara latin

Huruf dasar (aksara nglegena)

Hanacaraka-jawa.png

Urutan dasar aksara Jawa banyak dikenal orang karena berisi suatu “cerita”:

Hana Caraka (Terdapat Pengawal)
Data Sawala (Berbeda Pendapat)
Padha Jayanya (Sama kuat/hebatnya)
Maga Bathanga (Keduanya mati).

Pasangan

Jika Carakan / aksara Jawa lebih bersifat silabis (kesukukataan), bagaimana Carakan bisa menuliskan huruf mati. Hal ini bisa dijawab dengan adanya pasangan. Pasangan memiliki fungsi untuk menghubungkan suku kata yang tertutup (diakhiri) konsonan dengan suku kata berikutnya.

Sebagai contoh kata “banda” yang bila dipisahkan menurut silabiknya adalah “ban” dan “da”. Suku kata yang pertama suku kata ban. Untuk menuliskan ban ini pertama-tama adalah dengan menuliskan aksara Ba terlebih dahulu. Kemudian menuliskan aksara Na karena aksara Na mewakili dua buah huruf latin yakni N dan A sehingga kita tidak bisa langsung menuliskan aksara da. Untuk mematikan huruf Na, maka kita harus menuliskan bentuk pasangan da.

Bentuk pasangan disebutkan memiliki fungsi untuk menghubungkan suku kata yang tertutup konsonan dengan suku kata berikutnya. Artinya bahwa huruf yang diikuti pasangan akan dimatikan sehingga menjadi konsonan. Pada kasus di atas aksara Na diikuti pasangan Da yang berarti Na akan dibaca sebagai N.

Semua aksara pokok yang ada di Carakan memiliki pasangannya masing-masing. Bentuk pasangan ini ada yang dituliskan di bawah dan ada juga yang di atas sejajar dengan aksara.

Bentuk-bentuk pasangan itu adalah:

ha na ca ra ka
Jawa Ha Pasangan.png Jawa Na Pasangan.png Jawa Ca Pasangan.png Jawa Ra Pasangan.png Jawa Ka Pasangan.png
da ta sa wa la
Jawa Da Pasangan.png Jawa Ta Pasangan.png Jawa Sa Pasangan.png Jawa Wa Pasangan.png Jawa La Pasangan.png
pa dha ja ya nya
Jawa Pa Pasangan.png Jawa Dha Pasangan.png Jawa Ja Pasangan.png Jawa Ya Pasangan.png Jawa Nya Pasangan.png
ma ga ba tha nga
Jawa Ma Pasangan.png Jawa Ga Pasangan.png Jawa Ba Pasangan.png Jawa Tha Pasangan.png Jawa Nga Pasangan.png

Filled Under: kebudayaan